Gejala Tumor Payudara


Tumor jinak pada payudara umumnya membentuk benjolan pada payudara. Kondisi ini terjadi ketika ada sel-sel payudara yang berkembang secara tidak normal dan cepat. Namun tidak semua benjolan payudara adalah tumor atau kanker. Ada beberapa penyebab benjolan pada payudara yang jauh lebih umum daripada tumor dan kanker

Benjolan payudara bisa memiliki karakter seperti berikut:

- Kista payudara berisi cairan.
- Benjolan menyebabkan nyeri.
- Jika berukuran besar, benjolanpayudara dapat mengubah bentuk dan ukuran payudara.
- Jika berkembang pada jaringan dalam saluran susu, maka dapat menyebabkan munculnya cairan dari puting.

Faktor penyebab tumor payudara

ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab tumor payudara yang perlu diketahui sehingga lebih hati-hati :

1. Usia
Pemicu terjadinya kanker payudara memang belum dapat dipastikan dengan jelas namun ada beberapa faktor penyebab  tumor payudara atau atau yang bisa memicunya.

2. Genetik 
Faktor penyebab tumor payudara yang lainnya pun bisa disebabkan oleh faktor genetik,karena genetik atau memiliki gen yang sama oleh keluarga yang terkena tumor payudara maka potensi dan risiko untuk mengalami tumor payudara akan lebih tinggi.

3. Efek samping obat 
Obat-obatan bisa menjadi faktor penyebab tumor payudara,yang akan menangung hormon tubuh biasanya jenis obat yang bisa menjadi faktor penyebab tumor payudara.

4. Tidak menyusui 
Memberikan asi pada bai bukan hanya akan baik untuk bayi saja tetapi juga baik oleh sang ibu,karena manfaat menyusui bayi bisa mencegah tumor atau pun kanker payudara.

5. Menstruasi lebih dini
Faktor penyebab tumor payudara selain berpotensi besar dialami oleh wanita yang tidak menyusui,berpotensi besar juga dialami oleh wanita yang mengalami menstruasi di saat awal atau ketika pertama jaki pada usia di bawah 11 tahun

Artikel Terkait Gejala Tumor Payudara :

Powered by Blogger.